Minggu, 25 November 2012

bentang ayunan


makam nyi arum sari adik prabu bentang ayunan, syaikh Ahmad bin muhamad(guru), syaikh Abdurahman(kerabat guru), dan Raden Arya bobot(adik ipar)

sejarah kanci bentang ayunan

di dalam era modern ini peninjauan sejarah sangatlah enggan di lakukan oleh generasi muda maupun kalangan intelektual mungkin terkesan sangatlah tradisionil, karena sejarah sesuatu yang telah lampau bahkan ratusan mungkin juga bisa ribuan tahun silam. dalam blog ini saya akan memaparkan sejarah yang sedikit berbau mitos karena cenderung banyak mengandung cerita - cerita rakyat berupa legenda rakyat kanci tentang bentang ayunan/prabu bentang ayunan/ki geden kanci.
beliau adalah tokoh legenda / cerita rakyat kanci sebagai pemimpin di pedukuhan kanci. masa hidup beliau kurang lebih sekitar tahun sebelum Mbah kuwu sangkan membabat alas caruban. beliau adalah seorang pendekar yang gagah berani yang selalu membela kebenaran dan keadilan untuk rakyat kanci dan sekitarnya, beliau hidup pada masa kerajaan japura (prabu Amuk Marugul) dan kerajaan hindu padjajaran (prabu dewata niskala/prabu wangi/prabusiliwangi) lebih di kenal oleh masyarakat dengan sebutan siliwangi.
beliau beragama muslim guru agama islam beliau datang dari negara sebrang timur lebih tepatnya menurut cerita dari negara baghdad nama guru beliau adalah Syaikh Ahmad bin Muhamad al baghdadi beliau di utus oleh teman seperjuangan dalam menyebarkan agama islam (Syaikh Nur Djati ) yang pesantrennya terletak di daerah amparan gunung jati.
bentang ayunan di tugaskan oleh eyang prabu siliwangi untuk menjaga daerah perbatasan antara wilayah padjajaran dengan japura sedangkan syaikh Ahmad bin Muhamad berperan untuk mengislamkan masyarakat perbatasan dan juga tokoh - tokoh nya termasuk Ki geden kanci/prabu betang ayunan. wilayah perbatasan dengan penjaggan bentang ayunan bisa dikendalikan keamanan dan ketentramannya.
dari cerita rakyat kanci sendiri tidak ada yang tahu persis dimana letak peristirahatan beliau, menurut saya sendiri mungkin beliu mukso bersama keluhuran beliau dalam menjalankan perintah gurunya.

kisah putri kanci

adik bentang ayunan yaitu Nyi mas Arum sari terkenal akan kecantikannya bahkan sampai terdengar oleh seorang juragan nelayan dari desa sebelah (waruduwur) namanya adalah Ki geden gajah peminggiran. kemudian ki geden gajah peminggiran menghadap kakak nyimas Arum sari/bentang ayunan untuk melamar adiknya, karena kurang cocok hati dan fikiran maka bentang ayunan berkonsultasi kepada gurunya untuk menghadapi gajah peminggiran.bentang ayunan dalam lamaran adiknya meminta emas se kapal yang biasa di gunakan dalam mencari ikan dan gajah peminggiran pun menyanggupinya. saking ingin sekali mendapatkan kecantikan nyimas arumsari gajah peminggiran datang legi untuk melamar dengan membawa semua syarat yang di ajukan oleh bentang ayunan, akan tetapi karena bentang ayunan tidak pernah mengharapkan gajah peminggiran untuk menjadi adik iparnya maka lamaran itu dengan terang-terangan ditolak. 
gajah peminggiran pun marah dan meminta agar segera bertarung maka terjadilah pertempuran antara prabu bentang ayunan den ki gajah peminggiran, dari pertempuran ini prabu bentang ayunan dapat dikalahkan namun belum meninggal. kemudian prabu bentang ayunan di sembuhkan lagi oleh gurunya dgn ajian(.....?) dan di lakukan pertempuran lagi, gajah peminggiran pun dapat dikalahkan. sementara itu adik beliau nyimas arum sari ikut dengan Syaikh Ahmad bin Muhamad pergi ketempat untuk menenangkan diri dan melanjutkan menyebarkan islam dan sampai sekarang makam beliau ada di daera ci kanci perbatasan antara cirebon dengan kuningan belok kanan(cilimus)lurus caracas(cibuntu) makamnya terletak di atas bukit pinggir jalan. sementara eyang prabu bentang ayunan/ki geden kanci belum bisa di temukan makam/jejak beliau ataukah beliau muksa. semoga kita selalu mendapatkan perlindungan dan hidayah dari Allah SWT amin. 

sumber cerita rakyat kanci

8 komentar:

  1. Assalamualaikum Mas, salam kelan sy Beni putra Cibuntu yg rumahnya dekat pemakaman Nyi Mas Arum Sari yg diceritakan, Saya tertarik mengikuti cerita & sejarahnya. Terus terang baru skrg sy mengetahui sejarah asal muasal 4 makam yg berada diatas bukit itu walau ada berbeda versi. Klu Mas tidak keberatan boleh berbagi cerita tentang Sejarah dari 4 Makam tersebut. Skrg situs tersebut sudah mulai dikelola & dirawat. Terimakasih... 

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum .. kang di deket rumah saya ada nama keramat sembah dalam eyang argakerti bentang ayunan

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum
    Saya mau tanya dong
    Keturunan raden bentang ada gag yg di citayem

    BalasHapus
  4. Itu makam nyimas arum sari yg asli dimana??

    BalasHapus
  5. Mas ada catatan tentang syehk Ahmad bin Muhammad?

    BalasHapus
  6. Maaf kang mas saya baru cek blog ini

    BalasHapus